Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan Obatnya

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan ObatnyaJika anda saat ini menderita penyakit diabetes, hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan memperhatikan asupan makanan.

Mengapa demikian ? Karena ada beberapa makanan tertentu yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

Contoh kecilnya adalah anda harus lebih memilih beras merah daripada beras putih, hal ini karena nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi dan sangat tidak bagus untuk pengidap diabetes.

Sekilas Pembahasan Tentang Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit kelainan metabolisme yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau tubuh kurang peka terhadap insulin sehingga kadar gula darah tidak dapat terkontrol dengan baik.

Perlu anda ketahui bahwa negara kita yakni Indonesia merupakan negara yang masuk ke 10 negara dengan penderita diabetes terbanyak.

Gejala Yang Dirasakan Penderita Penyakit Diabetes

Bagi anda yang masih sehat atau yang sudah mengidap penyakit diabetes sangat penting untuk mengetahui gejala awal penyakit diabetes ini, hal ini berguna agar mengetahui bagaimana cara mengatasinya jika positif menderita penyakit diabetes.

Berikut ini beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit diabetes :

  • Sering Mengalami Dehidrasi atau Mudah Merasa Haus
  • Sering Buang Air Kecil apalagi kalau malam hari
  • Tubuh Terasa Sangat Cape dan Lelah Meskipun Tidak Melakukan Aktivitas berat
  • Berat badan menurun drastis tanpa sebab yang jelas
  • Mulut Terasa Kering
  • Penglihatan menjadi kabur

Itulah beberapa gejala umum yang biasanya sering dirasakan oleh penderita penyakit diabetes, Namun besar kemungkinan masih banyak gejala lainya yang tidak disebutkan diatas, karena setiap orang memang berbeda-beda.

Jika anda mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui lebih lanjut tindakan yang harus dilakukan, Selain itu anda harus mulai mengatur asupan makanan yang akan dikonsumsi.

Beberapa Pantangan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Penyakit Diabetes

Nasi putih adalah daftar makanan pertama yang harus dihindari oleh penderita penyakit diabetes, Bagi anda yang tinggal di indonesia mungkin belum puas rasanya jika belum makan nasi putih, bahkan ada yang bilang ” BELUM MAKAN JIKA BELUM MAKAN NASI PUTIH ” .

Nasi putih tidak anjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki kandungan gula darah yang tinggi, Selain nasi putih, berikut ini daftar pantangan makanan lainya yang harus dihindari oleh penderita penyakit diabetes :

  • Semua makanan yang terbuat dari tepung terigu
  • Jenis buah buahan yang mengadung kadar gula tinggi
  • Daging Berlemak
  • Roti Tawar Putih
  • Produk olahan susu
  • Ati, Ampela dan organ dalam hewan lainya
  • Kulit Ayam
  • Serba Serbi Gorengan
  • Aneka Olahan Kue

Apa Yang Akan Terjadi Jika Penderita Diabetes Mengkonsumsi Pantangan Makanan Yang Dilarang ?

Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi makanan yang seharusnya dipantang, gula darah dapat mengalami lonjakan. Akibatnya, bisa terjadi berbagai komplikasi, misalnya meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf. Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.

Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, hingga nyeri. Rasa ini dapat menyebar hingga ke kaki bagian atas.

Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding kapiler (pembuluh darah kecil) yang berfungsi menyehatkan saraf, terutama di bagian kaki.

Jika kerusakan saraf terjadi di bagian pencernaan, dapat menyebabkan diare dan sembelit. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi pada pria akibat adanya persarafan yang rusak.

Asupan makanan sehat dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap diabetes, sebaiknya hindari makanan pantangan diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *